Perbedaan Antara Auditing Dan Akuntansi

Filed under: MatKulTinggalkan Komentar
Oktober 27, 2011

Perbedaan Antara Auditing Dan Akuntansi

Akuntansi adalah proses pencatatan, pengklasifikasian , serta pengikhtisaran kejadian-kejadian ekonomi dengan perlakuan yang logis yang bertujuan menyediakan informasi keuangan, yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan. Fungsi akuntansi adalah menyediakan jenis-jenis informasi kuantitatif tertentu yang dapat digunakan baik oleh manajemen maupun pihak lainnya dalam pembuatan keputusan. Dalam  mempersiapkan informasi yang relevan, para akuntan harus memiliki suatu pemahaman mendalam atas prinsip-prinsip serta aturan-aturan yang menjadi dasar dalam menyiapkan informasi akuntansi. Selanjutnya, para akuntan harus membangun suatu sistem yang dapat memastikan bahwa peristiwa ekonomis entitas telah dicatat secara tepat berdasarkan kurun waktu kejadian dan dengan biaya yang wajar.

Sedangkan dalam mengaudit data akuntansi, yang perlu diperhatikan adalah hal yang berkaitan dengan penentuan apakah informasi yang telah dicatat tersebut secara tepat telah mencerminkan peristiwa ekonomis yang terjadi selama periode akuntansi. Dikarenakan aturan-aturan akuntansi merupakan kriteria untuk mengevaluasi apakah informasi akuntansi tersebut telah dicatat secara tepat, maka sebagian besar auditor terlibat dengan data-data ini pun harus memiliki pemahaman yang mendalam akan aturan-aturan tersebut. Dalam konteks audit atas laporan keuangan aturan-aturan tersebut adalah prinsip-prinsip akuntansi yang diterima umum (GAAP/PSAK).

Selain memahami akuntansi, seorang auditor harus memiliki keahlian mengumpulkan serta menginterpretasikan bukti-bukti audit. Keahlian inilah yang membedakan seorang auditor dengan seorang akuntan. Menentukan prosedur-prosedur audit yang tepat, memutuskan jumlah dan jenis akun yang akan diuji, serta mengevaluasi temuan-temuan audit yang merupakan permasalahan khas yang dijumpai oleh seorang auditor.