PT Kereta Api Indonesia (KAI) menaikkan harga tiket kereta commuter (commuter line) I mulai 1 Oktober 2012. Harga tiket yang semula menjadi Rp 6000 sekarang telah menjadi Rp 9000, jadi terdapat kenaikan sebesar RP 2000, jadi untuk setiap lintas semuanya sama , seperti halnya Jakarta-Bogor tadinya Rp 7000, sekarang disamakan juga menjadi Rp 9000. Kenaikan harga tiket kereta api tersebut menurut Corporate Secretary PT KAI Makmur Syahrean dikarenakan kenaikan tersebut dinilai perlu untuk membiayai perbaikan fasilitas termasuk perawatan gerbong, utamanya adalah agar kehandalan sarana dan prasaran bida dijaga agar kemungkinan kereta mogok dan pembatalan bias dikurangin sampai maksimal.
Beberapa reaksi penumpang pun terjadi. Sejumlah pelanggan kereta commuter mengatakan mereka mendukung keputusan ini selama ada tindakan konkrit perbaikan layanan. Ada yang mengatakan untuk melakukan perbaikan hal-hal yang kecil terlebih dahulu, misalnya seperti kereta commuter line terdapat kelebihan yaitu AC tapi ternyata menurut beberapa penumpang yang menaiki kereta commuter line , AC di kereta tersebut sering mati dan kondisi di dalam kereta menjadi panas lalu untuk kereta kea rah depok agar dapat diperbanyak lagi pada pagi hari dikarenakan biasanya menurut penumpang pada pukul 09.00 – 12.00 kereta kea rah depok jaraknya dengan kereta sebelumnya sampai lebih dari setengah jam.
PT Kereta Api Indonesia (KAI ) menanggapi masukan dan akan berusaha mengakomodir tuntutan penumpang, karena menurut PT. KAI pelayanan itu tidak ada batasnya dan kenaikan terhadapat harga tiket kereta api tersebut di kembalikan pada penumpang dalam bentuk pelayanan.
Semoga dengan adanya kenaikan harga tiket kereta ini menjadi suatu hal yang baik, baik untuk PT KAI maupun pelanggan dan penumpang yang menggunakan jasa kereta api sebagai alat transportasi. PT KAI di harapkan selalu memberikan pelayanan yang terbaik dan dapat mengantisipasi dan memberikan solusi jika adanya suatu hal yang dapat menggangu kenyamanan penumpang saat menaiki jasa kereta api. Supaya penumpang merasakan kenyamanan dan pelayanan yang sangat baik.